Bakor Paliko Gelar Aksi Khitanan Massal Gratis Bagi 100 Anak



Medianusantarakreasi.com,Payakumbuh - Kegiatan sosial yang digelar Badan Koordinasi Payakumbuh 50 Kota (Bakor Paliko) mendapat sambutan hangat dari masyarakat Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota). Aksi sosial khitanan massal gratis dan pemberian santunan untuk anak yatim dan duafa itu dilaksanakan di aula Gedung Gambir Payakumbuh, Selasa (12/12/2023).
 

Ketua panitia pelaksana, Feriasman Efendi mengatakan, bahwa acara tersebut merupakan rangkaian acara Bakor Paliko Pulang Basamo yang digelar selama empat hari, Minggu-Rabu (10-13/12/2023). Kegiatan itu mengangkat tema 'Merajuk Hati Ranah Jo Rantau'. 


"Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan hubungan silaturahmi antara kita yang ada di rantau dan masyarakat Luak Limopuluah yang ada di kampung halaman. Alhamdulillah acara ini diikuti oleh Bakor Paliko Jabodetabek (Indonesia), Bakor Paliko Malaysia dan Bakor Paliko Australia," ungkap Feriasman Efendi. 


Sementara itu, Wakil Ketua panitia pelaksana, Joni Hendri mengatakan bahwa Bakor Paliko Pulang Basamo juga menggelar berbagai kegaiatan, diantaranya silaturahmi dengan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman dan silaturahmi dengan Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo. 


Selain agenda silaturahmi dengan kepala daerah dan tokoh masyarakat, Joni Hendri menyebut pihaknya juga melangsungkan berbagai kegiatan, diantaranya kegiatan kunjungan ke lokasi wisata yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, senam bersama, makan bajamba, kegiatan sosial masyarakat, kegiatan seni budaya, parenting, sepakbola dan hiburan KIM. 


"Alhamdulillah kegiatan Bakor Paliko Pulang Basamo cukup banyak, termasuk kegiatan khitanan massal gratis dan pemberian santunan untuk anak yatim dan duafa ini," katanya.
 

Ia menyebut, khitanan dan santunan tersebut diberikan kepada 100 anak yang ada di Luak Limopuluah. Menurutnya, agenda yang sudah disiapkan Bakor Paliko Pulang Basamo disambut baik ditengah-tengah masyarakat. 


"Selain disambut baik oleh masyarakat, agenda kita juga didukung oleh pemerintah daerah. Kita berharap kegiatan ini rutin dilakukan. Semoga dengan apa yang kita lakukan ini akan dapat meningkatkan sinergitas antara perantau dan kampung halaman," tuturnya. 


Sementara itu, Kasmiarti dan Ade yang merupakan orang tua dari Ibni Imani mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan khitanan massal gratis yang digelar keluarga besar Bakor Paliko Pulang Basamo. Menurutnya, kegiatan positif yang dilaksanakan tersebut sangat membantu masyarakat, khususnya masyarakat ekonomi lemah. 


"Alhamdulillah kita sangat terbantu sekali dengan kegiatan ini. Mudah-mudahan apa-apa yang dilakukan Bakor Paliko ini di balas dengan setimpal oleh Allah SWT," ungkapnya. (Rstp)

0 Komentar