Senator Muhammad Iqbal Kunjungi Ponpes Tarbiyah Islamiyah Syech H. Muchtar Engku Lakuang Di Koto Panjang Lamposi Tigo Nagori Payakumbuh



Medianusantarakreasi.com, Payakumbuh - Senator dari Komisi V DPR RI dari Fraksi PPP, Muhammad Iqbal, SE, M.Com didampingi Staff Ahlinya, Chairil Chan mengunjungi Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Syech H. Muktar Engku Lakuang Koto Panjang Padang Kecamatan Lamposi Tigo Nagori Kota Payakumbuh, Rabu (17/01).


Kunjungan Muhammad Iqbal ke Ponpes yang telah berdiri sejak tahun 1962 tersebut adalah dalam rangka Silaturahmi sekaligus melihat langsung bantuan yang disalurkannya untuk  sarana toilet bersih serta fasilitas untuk mandi dan mencuci bagi para warga pesantren..


Muhammad Iqbal, anggota DPR-RI Komisi V mengatakan, merupakan suatu kebahagian bagi dirinya untuk bisa bertatap muka, dengan para santri dan tokoh serta guru pesantren, semoga pertemuan ini bisa mempererat tali silaturhami.


“Sanitasi atau sarana toilet serta fasilutas untuk mandi dan mencuci ini bisa dimanfaatkan di asrama santri wati, semoga apa yang telah diberikan bisa dimanfaatkan dengan baik, jaga kebersihannya, kedepannya harus ada sinergi antara pemerintah dan  pengurus pondok pesantren” harapnya.


Muhammad Iqbal menuturkan, kebersihan toilet di setiap pondok pesantren itu penting. Selain untuk menjamin kebersihan dan kesehatan, para santri dengan menunjang fasilitas toilet bersih untuk mencuci dan mandi ini, karena dalam Islam kebersihan itu juga merupakan sebagian dari iman.


“Jadi toilet yang bersih merupakan cerminan yang baik juga untuk umat Islam”, kata Anggota DPR RI 3 periode tersebut.


Muhammad Iqbal sangat mendukung kemajuan para santri dan untuk mendukung itu, diperlukan sarana dan prasarana yang memadai untuk pembelajaran para santri di pondok ini.


Menurut Muhammad Iqbal, selain dibekali ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum, para santri juga harus di didik untuk hidup dengan mandiri, diberi bekal pendalaman kemampuan lainnya sehingga selepas lulus dari pondok juga dapat menunjang kemandirian perekonomiannya kelak.


Pada kesempatan ini, Yusmi, M.Ag selaku Pimpinan Pondok mengucapkan terimakasih atas perhatian Muhammad Iqbal, Melalunya Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiah Syeh H.Muktar Engku Lakuang mendapat kesempatan untuk dibangun sarana sanitasi toilet untuk mandi dan mencuci ini yang layak untuk para santri.


“Terimakasih kepada bapak Muhammad Iqbal, Tentu bapak sudah melihat secara jelas bahwa pesantren kami ini masih pesantren kecil, sedang dalam proses perkembangan. Warga belajar yang kami asuh di pondok ada lebih kurang 150 santri dan santriwati.


Pada kesempatan ini Ketua Yayasan turut menyampaikan aspirasinya. Ia berharap pemerintah melalui Kementerian dan melalui tangan-tangan para pemangku kebijakan dapat lebih memperhatikan sekolah-sekolah agama dan pesantren. Juga diharapkan memperhatikan kesejahteraan anak-anak ini, karena pada dasarnya mereka juga memiliki hak yang sama di negeri ini. (rstp)

0 Komentar